Translate

Thursday 12 November 2015

Madu Sangat Berkhasiat Untuk Badan Manusia


Manfaat Khasiat Madu. Sudah pernah minum madu asli? pasti sudah ya. Enak bukan? Manis sekali rasanya. Ada yang tahu manfaat madu? Mungkin banyak dari kita yang sudah tahu manfaat madu, tapi mungkin juga banyak yang kurang tahu secara detail.

Ya, madu memang telah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu sejak zaman manusia purba.
Dan mungkin karena manfaat madu yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia itulah, maka sampai sekarangpun manusia zaman modern masih terus saja mengkonsumsi madu asli. Baik hanya sebagai campuran bahan makanan begitu saja, ataupun sebagai media kecantikan, atau bahkan sebagai alat untuk pengobatan dan penyembuhan penyakit tertentu.


Manfaat Madu (Khasiat Madu) - Lebah Madu


Manfaat madu akan sangat terasa bila madu tersebut dihasilkan oleh jenis lebah tertentu. Seperti yang kita tahu bahwa madu bisa dihasilkan oleh beberapa jenis serangga. Namun yang paling sering kita kenal adalah madu yang dihasilkan terutama oleh lebah madu. 

Sebagian besar lebah madu bisa menghasilkan madu asli yang baik, namun sebenarnya ada salah saju jenis lebah yang mampu menghasilkan jenis madu yang cukup baik, yaitu jenis lebah Apis Dorsata. Jenis lebah ini hidup di kawasan Asia. Lebah jenis ini banyak ditemui di negara Filipina dan India. Sedangkan di Indonesia, lebah ini banyak kita temui di sekitar Kalimantan Nusa Tenggara, Sumatera, dan Sulawesi. 

Selain jenis Apis Dorsata, di Indonesia ada juga jenis lebah lain yang menghasilkan madu cukup baik yaitu Apis Cerana atau yang lebih dikenal sebagai lebah lokal, yang sering kali kita temui di rumah-rumah. Satu lagi jenis yang alin yaitu Apis Mellifera yang merupakan penghasil madu unggulan. 




Manfaat Madu (Khasiat Madu) - Jenis-jenis Madu


Manfaat madu tentunya beraneka ragam, begitu pula jenis-jenis madu. Jenis madu sangat beragam sekali. Dan yang paling menentukan dari jenis madu ini adalah jenis bunganya. Jenis nektar bunga akan membedakan jenis-jenis madu yang nantinya dihasilkan oleh si lebah. 

Berikut adalah beberapa contoh jenis-jenis madu: 

Manfaat Madu | Khasiat Madu



  • Madu Kapas. Madu kapas ini memiliki ciri warna yang sedikit agak terang dan mudah menggumpal berwarna putih menyerupai kapas.
  • Madu Cengkih. Madu cengkih biasanya berwarna keemasan dan memiliki aroma cengkih yang sangat kuat.
  • Madu Alpukat. Berasal dari nektar bunga alpukat yang berwarna agak gelap.
  • Madu Eucalyptus. Madu jenis ini diyakini berasal dari berbagai macam bunga. Dan meskipun tidak terlalu populer dari segi rasa, namun dipercaya manfaat madu eucalyptus ini sangat banyak.
  • Madu Jeruk. Bersasal dari nektar bunga jeruk yang membuat madu jeruk beraroma segar dan berwarna terang.
  • Madu Bakau. Merupakan madu khas daerah pesisir pantai seperti Indonesia yang banyak ditumbuhi pohon bakau.
  • Madu Alfalfa. Madu ini dihasilkan dari nektar bunga alfalfa yang berwarna ungu dan membuat madu jenis ini beraroma agak wangi.
  • Madu Sage. Karena tidak mudah mengental, manfaat madu sage ini yaitu seringkali dijadikan campuran pada jenis madu yang lain untuk mencegah atau memperlambat penggumpalan madu.

Masih banyak lagi jenis madu yang lainnya yang dihasilkan oleh tawon madu dari berbagai nektar bunga. Dan tentunya setiap daerah akan memiliki jenis madu yang sangat khas, dan berbeda-beda. Misalnya untuk daerah Tropis pasti akan memiliki jenis madu yang berbeda dari jenis madu yang dihasilkan di daerah Sub-Tropis. Semua tergantung pada iklim cuaca, dan vegetasi tanaman yang hidup di daerah tersebut.


Manfaat Madu (Khasiat Madu) Bagi Tubuh


Bersamaan dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan pada zaman modern ini, maka berbagai penelitian sehubungan dengan madu semakin banyak dilakukan. Dan dari berbagai penelitian itu telah menghasilkan beberapa penemuan mutakhir terkait manfaat khasiat madu ini. 

  1. Penambah daya tahan tubuh. Sebagian besar kandungan madu adalah Fruktosa dan Glukosa, sehingga madu memiliki manfaat yang sangat baik bagi daya tahan dan stamina tubuh manusia. Madu sering kali dikonsumsi oleh manusia sebagai penambah stamina tubuh yang bisa dikonsumsi secara instan dan dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Oleh sebab itu sejak zaman dahulu kala sampai sekarang ini manfaat madu yang palin utama adalah sebagai peningkat stamina tubuh manusia. Namun meskipun begitu, saat ini sudah mulai banyak sekali ditemukan manfaat madu yang lain selain sebagai penambah stamina. 
  2. Atioksidan alami. Selain mengandung fruktosa dan glukosan, madu juga mengandung beberapa senyawa alami lainnya yang sangat bermanfaat sebagai antioksidan yaitu vitamin C, pinobanksin, pinocembrin, katalase, dan juga crhysin. Senyawa tersebut dipercaya mampu menangkal berbagai radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh manusia. 
  3. Obat diabetes. Manfaat madu yang cukup dahsyat adalah sebagai obat diabetes alami. Hal ini dikarenakan kandungan madu yaitu fruktosa dapat langsung diserap oleh tubuh manusia dan diubah menjadi energi. Sehingga dalam proses merubah fruktosa menjadi energi ini tidak memerlukan bantuan obat atau antibiotik lain. 
  4. Obat batuk dan sakit tenggorokan. Sejak zaman dahulu madu diyakini sangat ampuh menyembuhkan sakit tenggorokan dan juga batuk. 
  5. Obat antiseptik. Pada saat madu yang kental mencair, maka selama proses mencair itu dia akan menghasilkan hidrogen peroksida. Dan hidrogen peroksida yang dilepaskan secara perlahan saat bercampur dengan cairan tubuh akan menghasilkan antibiotik alami, yang akan membantu proses penyembuhan luka. 
  6. Memperlambat pembusukan. Madu memiliki kekentalan sekitar 36% lebih kental daripada air. Sifat madu yang kental ini menyebabkan mikro organisme tidak bisa berkembang biak dalam madu.

Dengan berbagai manfaat madu yang alami seperti di atas, maka tidak jarang orang memakai madu untuk berbagai keperluan kesehatan maupun kecantikan. Misalnya dengan memakai madu sebagai pembersih wajah, sebagai obat terapi kecantikan, dan sebagai bahan utama aneka produk kecantikan. Juga sebagai bahan dasar berbagai praktek pengobatan alternatif herbal.


No comments :

Post a Comment